Fakta Menarik Xi Jinping, Sempat Alami Masa Remaja yang Susah

Fakta Menarik Xi Jinping – ampir tiap-tiap hari isu perihal China dan presidennya, Xi Jinping (66) selalu menghiasi media-media internasional. Maklum, sebagai penguasa calon negara adikuasa, Xi langsung menjadi satu dari sebagian pemimpin dunia yang selalu diincar oleh para jurnalis internasional.

Berjenis-jenis kontroversi seperti skandal pelanggran HAM terhadap muslim Uighur, perang dagang dengan Amerika Serikat (AS), sampai hubungan harmonisnya dengan Presiden Korea Utara Kim Jong-un dan Presiden Rusia Vladimir Putin, membikin Xi sebagai bahan empuk untuk diciptakan isu utama. Hasilnya, segala warga dunia pastilah hapal dengan sosok Xi dengan segala sepak hempasnya di dunia perpolitikan internasional.

Melainkan dari segala isu politik yang diberikan tahu oleh media internasional, Xi nyatanya menyimpan bermacam-macam fakta menarik berkaitan dengan latar belakang ataupun kehidupannya.

1. Buah tokoh revolusioner China

Fakta Menarik Xi Jinping – Dari lahir, Xi telah mendapatkan status terhormat lantaran ia adalah si kecil dari salah satu tokoh revolusioner komunis China, Xi Zhongxun. Tak hanya itu, ayah Xi juga pernah menjabat wakil perdana menteri serta sempat menjadi pengikut dari pendiri republik China, Mao Zedong.

Jabatan serta peranan penting ayah Xi dalam pemerintahan China itulah yang membikin dijuluki sebagai “princeling” atau “pangeran muda” semasa kanak-kanak. Melainkan, selain menggambarkan keturunan pejabat senior Partai Komunis China, “princeling” juga merujuk pada warga China yang mendapatkan jabatan karena nepotisme dan kolusi.

2. Mengalami masa remaja yang susah

Fakta Menarik Xi Jinping – Meski sempat mendapatkan kehidupan seperti seorang “pangeran muda” tapi hidup enak Xi berubah drastis saat Mao Zedong menggalakkan Revolusi Kebudayaan. Pada tahun 1962, ayah Xi dilengserkan Mao dari bermacam-macam posisi pentingnya di pemerintahan lantaran ia dituduh sebagai pemimpin yang anti pada Partai Komunis China. Kemudian, saat Xi berumur 10 tahun, ayahnya dipaksa berprofesi di sebuah pabrik.

Dikala berumur 13 tahun, Xi mesti dikeluarkan dari sekolah karena dianggap telah mengkritisi dan melawan para guru. Dua tahun berjeda, ibu Xi dipaksa mengakui bahwa suaminya adalah musuh Revolusi Kebudayaan dan kesudahannya ayah Xi pun diarak dan dipenjara oleh pemerintahan Mao.

Tanpa perlindungan ayahnya, Xi kesudahannya menjadi salah satu dari 30 juta pemuda yang dipaksa berprofesi di pegunungan atau wilayah-wilayah terpencil di China. Kala itu, Xi dipaksa berprofesi sebagai buruh pertanian di Desa Liangjiahe, sebuah wilayah terpencil di Kabupaten Yanchuan, Provinsi Shaanxi pada sekitar tahun 1969.

Hasilnya sebagian bulan kemudian, karena tidak bendung tinggal di pemukiman terpencil, Xi langsung melarikan diri ke Beijing. Melainkan, ia kemudian tertangkap kembali dan dipaksa untuk kembali berprofesi sebagai buruh pertanian serta menjalani profesi sebagai penggali parit.

3. Satu-satunya presiden China yang bergelar Ph.D

Fakta Menarik Xi Jinping – Selepas keruntuhan Revolusi Kebudayaan, Xi dan ayahnya pun kembali menjalani kehidupan normalnya. Pada tahun 1975, Xi kesudahannya mengatasi kerja paksanya dan mencapai pengajaran ilmu Teknik Kimia di salah satu universitas bergengsi di China, Universitas Tsinghua.

Sesudah rampung dengan pengajaran sarjananya, Xi kemudian mengambil ilmu filsafat Marxis dan pengajaran ideologi di Institut Humaniora Tsinghua. Fakta inilah yang membikin Xi sebagai salah satu pemimpin China yang pernah mengenyam ilmu humaniora serta satu-satunya presiden China yang sukses mendapatkan gelar doktor filsafat atau Ph.D.

4. Ditolak berkali-kali oleh Partai Komunis

Siapa yang menyangka apabila seorang presiden China dulunya mesti berjuang keras untuk masuk di tubuh partai utama China, adalah Partai Komunis China? Xi tercatat mulai bergabung di Liga Pemuda Komunis China pada sekitar tahun 1971. Setahun kemudian, Xi menentukan untuk mengkoreksi karier politiknya dan bergabung dengan Partai Komunis China.

Melainkan setelah 10 kali mencoba, kesudahannya pada tahun 1974, Xi sukses menembus Partai Komunis China, dan menjalani peranannya sebagai sekretaris partai di empat provinsi China, adalah Hebei, Fujian, Zhejiang, dan Shanghai. Kemudian sekitar tahun 2012, Xi kesudahannya sukses menduduki bangku Sekretaris Jenderal Partai Komunis China.

5. Ceramah kontroversial saat pelantikan wakil presiden

Pada 15 Maret 2008, Xi terpilih menjadi wakil presiden Republik Rakyat China. Melainkan, yang paling diingat oleh media internasional adalah saat Xi menyampaikan sebuah pidato pada saat bertandang ke Meksiko.

Kala itu dalam pidatonya, Xi menyalahkan orang asing atas isu yang menyangkutkan kontribusi China dalam krisis finansial dunia.

“Ada banyak orang asing yang bosan, dengan perut penuh, dan tidak mempunyai profesi lain yang lebih baik selain menampakkan jari mereka pada kita (bangsa China). China tidak mengekspor revolusi, kelaparan, kemiskinan, dan membikin kalian sakit kepala,” sebut Xi dalam pidatonya.

6. Dijuluki “Mr Clean”

Mr. Clean (Malahan Tuan Bersih) adalah julukan yang merujuk pada para publik contoh yang dikenal mempunyai reputasi total dan tanpa cela. Sebagai pemimpin China, Xi tidak hanya dikenal media sebagai orang yang pragmatis, serius, mawas diri, pekerja keras, rendah hati, serta sederhana, tapi juga sifatnya yang getol memberangus korupsi di China. Pengabdiannya dalam memberantas korupsi inilah yang dari dahulu menjadi senjata Xi untuk mengantarkannya ke bangku kepresidenan pada tahun 2013.

7. Dianggap pemimpin China paling berimbas setelah Mao Zedong

Prestasi luar biasa Xi sebagai penguasa China memang tidak perlu dipertanyakan lagi. Sebagai salah satu pemimpin yang familiar seanteo dunia, wajah Xi pun kerap kali kali muncul di 100 daftar orang paling berimbas di dunia oleh majalah internasional.

dalam polling yang diadakan oleh Pew Research Center 2008, Xi menempati golongan pemimpin dunia yang paling diandalkan berkaitan dengan isu serta kebijakan internasional. Oleh eks Perdana Menteri Australia, Kevin Rudd, Xi pun disebut-sebut sebagai pemimpin China paling berimbas setelah Mao.

Itulah 7 fakta menarik presiden China, Xi Jinping yang kabarnya selalu dimuat oleh media-media internasional. Terlepas dari bermacam-macam isu kontroversialnya, Xi memang bisa dibilang sukses dalam memimpin China.

By Keepers